Wisuda IV 2021, UNAND Luluskan 995 Wisudawan

Liputan dan Berita
Wisuda IV 2021, UNAND Luluskan 995 Wisudawan

Gemajustisia.com - Sebanyak 738 orang Program Sarjana, 123 orang Program Magister, 31 orang Program Diploma, 16 orang Program Doktor, 10 orang Program Spesialis, dan 77 orang Program Profesi diwisuda secara daring dan luring terbatas pada wisuda IV oleh Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, S.H, M.H, pada Sabtu (09/10), di Gedung Convention Hall Universitas Andalas.

UNAND juga meluluskan wisudawan asal luar negeri, diantaranya Nadhirah binti Sa’an Pendidikan Profesi Dokter yang berasal dari Malaysia, Alya Binti Azmi Pendidikan Profesi Dokter berasal dari Malaysia, dan Chua Fu Lin Pendidikan Profesi Dokter yang juga berasal dari Malaysia.

Wisuda IV Univeristas Andalas tahun 2021 merupakan wisuda pertama terutama setelah Universitas Andalah beralih status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Unand resmi menjadi PTNBH setelah ditetapkan Presiden RI Joko Widodo dalam Peraturan Pemerintah Nomor 95 Tahun 2021 tentang PTNBH per 31 Agustus 2021.

“Telah selesainya proses pendidikan formal tersebut, wisudawan mendapatkan hak untuk menyandang gelar sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing dan berhak pula menggunakannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku”, ucap Yuliandri mengapresiasi.

Yuliandri mengatakan bahwa “Dengan pelaksanaan wisuda pada hari ini dan dengan perubahan status Unand menjadi PTNBH, tentu akan bermakna bagi wisudawan untuk menyampaikan bahwa wisudawan merupakan lulusan dengan status Unand sebagai Perguruan Tinggi Negri Berbadan Hukum (PTNBH)”.

Mantan Dekan Fakultas Hukum ini juga mengharapkan para wisudawan yang wisuda hari ini yang berada di jenjang Pendidikan Diploma, Sarjana, dan Magister yang akan mengabdi dan bekerja atau membuka lapangan pekerjaan baru untuk dapat bekerja sesuai dengan kompetensi yang diharapkan.

Walaupun tantangan di dunia luar sangat besar terutama saat menghadapi pandemi Covid-19 yang dampaknya bukan hanya kepada kesehatan saja tetapi juga berdampak pada sisi ekonomi dan juga lapangan pekerjaan.

Rektor juga mengapresiasi dan berterimakasih kepada orang tua atau wali wisudawan Universitas Andalas yang telah memberikan kepercayaan penuh kepada Unand untuk mendidik putra-putri dan keluarga selama beberapa waktu terakhir.

Dengan masih dilaksanakannya proses wisuda Universitas Andalas secara daring ini memberikan pesan bahwa proses pendidikan harus selalu berinovasi dan kolaborasi, dimana inovasi tersebut selalu berubah-ubah.

 

Penulis: Rahayu Putri Calista & Meysi Wenas Cania


0 Comments

Leave a Reply