Perkuliahan Terbatas Makin Ramai, Mahasiswa Berharap Bus UNAND Dapat Aktif Kembali

Liputan dan Berita Editorial
Perkuliahan Terbatas Makin Ramai, Mahasiswa Berharap Bus UNAND Dapat Aktif Kembali

Gemajustisia.com - Universitas Andalas telah memberlakukan pembelajaran luring secara terbatas sejak tiga minggu yang lalu (01/11/2021). Pembelajaran luring ini terutama diperuntukkan untuk mahasiswa angkatan 2020 dan juga mahasiswa yang mengambil mata kuliah praktek.

Pemberlakuan aturan tersebut mengakibatkan aktivitas di kampus Unand kembali efektif. Mahasiswa baik yang berasal dari Kota Padang maupun dari luar, sudah terlihat mulai meramaikan kampus.

Hal ini tentu saja berdampak pada semakin banyaknya kendaraan umum seperti angkot yang mulai beroperasi kembali. Sebelumnya kendaraan tersebut berkurang sangat drastis akibat mahasiswa yang melaksanakan kuliah secara daring.

Unand sendiri telah menyediakan sarana transportasi umum berupa bus kampus yang dapat digunakan mahasiswa secara gratis. Bus kampus tersebut terbagi dua yakni bus hijau yang diperuntukkan untuk para karyawan dan bus putih yang dapat digunakan mahasiswa untuk sampai di kampus.

Namun situasi pandemi mengakibatkan sebagian besar aktivitas kampus terhenti, termasuk juga berhentinya bus kampus (Unand) beroperasi. Bus kampus yang secara total berhenti beroperasi adalah bus yang diperuntukkan untuk mahasiswa, sedangkan para karyawan Unand tetap bisa menikmati fasilitas kendaraan umum ini secara bebas.

Dikarenakan bus hijau masih dalam perbaikan dan pengecatan ulang, maka pihak kampus mengoperasikan bus putih yang tidak digunakan untuk mobilitas para karyawan. Penggunaan bus putih tersebut mengakibatkan banyak para mahasiswa mengira bahwa bus kampus kembali diaktifkan.

Salah satu sopir bus hijau yang Gema temui di pool bus hijau mengatakan juga perihal masalah ini. “Ketika bus ini (hijau, red) berjalan, di stop mahasiswa, kami tidak bisa berhenti. Bukannya gimana tapi bus putih ini digunakan sebagai pengganti bus hijau yang sedang di cat. Jadi hanya diperuntukkan bagi para karyawan” ungkap salah satu sopir bus kampus yang tidak mau disebutkan namanya.

Bus kampus untuk mahasiswa yang belum aktif, tentu saja menimbulkan permasalahan baru untuk aktivitas mahasiswa Unand. Terkait dengan pembelajaran luring yang telah diberlakukan, mahasiswa sangat berharap bus kampus dapat beroperasi kembali.

Tujuannya agar fasilitas gratis yang disediakan kampus tersebut dapat segera dimanfaatkan secara efektif oleh mahasiswa, dan bisa meringankan biaya transportasi mereka.

Cindy (20) salah satu mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian mengungkapkan harapannya agar bus kampus kembali aktif.

“Berharap sih kak, apalagi bus tersebut juga gratiskan, jadi sangat bermanfaat bagi kami yang anak kos untuk bisa hemat pulang pergi dari kos ke kampus dan sebaliknya. Kadang menunggu angkot yang lewat juga membutuhkan waktu yang lama kak” ungkap mahasiswi yang kini duduk di semester tiga tersebut.

Seiring dengan bertambah ramainya kegiatan dan aktivitas kampus, ia juga berharap setidaknya jika tidak semua bus kampus dapat diaktifkan kembali, maka sekurang-kurangnya beberapa dari bus kampus tersebut dapat beroperasi lagi sehingga para mahasiswa dapat merasakan layanan transportasi yang telah disediakan pihak universitas.

 

Reporter: Nurul Khalifa

0 Comments

Leave a Reply