Pentingkah Multitalenta Bagi Mahasiswa ?

Popular
Pentingkah Multitalenta Bagi Mahasiswa ?

Gemajustisia.com - Zaman semakin berkembang ke arah yang yang lebih baik. Kemajuan teknologi dan pola pikir ini tidak terlepas dari yang namanya keinginan manusia untuk terus belajar dan berkembang sehingga di masa depan hidup modern yang sejak dulu dicita-citakan dapat tercapai seutuhnya.

Hidup modern yang dicita-citakan manusia bukan hanya tentang kemudahan dalam mengerjakan sesuatu, ataupun kecepatan yang mengimbangi kecepatan waktu, tetapi juga majunya pola pikir manusia menjadi lebih beradab, berkarakter dan juga bermutu.

Pendidikan adalah salah satu cara dari sekian banyak jalan mempersiapkan generasi dan menyambut masa depan yang lebih baik. Sistem dan konten pendidikan yang mumpuni akan membentuk generasi hebat suatu hari nanti.

Semakin meningkat kualitas dan kuantitas pendidikan seseorang, maka akan semakin baik keahliannya dan semakin baik pula ia mengaplikasikan pengetahuannya tersebut. Semakin maju pendidikan, maka kita tidak dapat menutup mata akan hadirnya banyak sekali bidang keahlian yang bisa kita pelajari dikampus.

Sistem pendidikan umum biasanya cenderung memfokuskan pada satu bidang keahlian saja, namun saat ini bukanlah tidak mungkin seseorang bisa menguasai lebih dari satu keahlian alias multitalenta. Menjadi mahasiswa multitalenta memang merupakan suatu keunggulan yang akan sangat berguna.

Pertanyaan nya sekarang adalah seberapa penting sih menjadi mahasiswa multitalenta? Disatu sisi menjadi multitalenta itu penting dan sangat berguna. Bagaimanapun, kemampuan menguasai lebih dari satu bidang keahlian akan sangat membantu dalam membangun kehidupan yang lebih baik.

Misalnya saja sebagai mahasiswa hukum dengan latar belakang keahlian dibidang hukum yang mumpuni saja sudah bagus dan dapat bekerja dibidang-bidang yang membutuhkan tenaga ahli dibidang hukum, kemudian ditambah pula keahlian dibidang ekonomi dan bisnis ataupun dibidang komputer misalnya, maka dengan begitu peluang kerja tentu saja akan lebih luas daripada hanya menguasai skill dibidang hukum saja.

Meski multitalenta itu penting, bukan berarti itu suatu tuntutan wajib dan kita juga tidak pantas sedih ketika mendapati diri kita belum ataupun tidak  multitalenta. Albert Einsten pernah mengatakan “Everybody is genius. But if you jugde a fish by it’s ability to climb a tree it will live its whole life believing that it is stupid”.

Pesan Einsten ini selalu menjadi pembelaan yang benar ketika kita dipaksa menguasai banyak bidang keahlian yang tentu saja tidak semua orang mampu. Menguasai satu bidang keahlian secara maksimal sama penting dan berharganya.

Satu keahlian tertentu juga akan sangat membantu dalam menapaki karir dan lebih terfokus pada dalam menguasainya. Masing-masing individu adalah sosok yang cerdas yang mempunyai kemampuan yang berbeda dengan orang lain.

Hal yang perlu kita lakukan bukanlah menyamaratakan kemampuan dan menuntut semua orang menguasai semua skill, tapi yang perlu kita lakukan ialah menerima masing-masing kelebihan dan kekurangan dan memaksimalkan bidang keahlian kita.


Penulis: Desvana Gia Ilahi

0 Comments

Leave a Reply