Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) FHUA Tahun 2021

Liputan dan Berita
Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) FHUA Tahun 2021

Gemajustisia.com - Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Andalas pada hari Minggu (13/06) mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting. Sebelumnya pembekalan KKN sudah dimulai sejak tanggal 5-6 Juni 2021 yang diselenggarakan setiap hari Sabtu dan Minggu dengan jadwal untuk tiap fakultas yang berbeda-beda.Pembekalan KKN Fakultas Hukum Universitas Andalas hari ini diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis Kuliah Kerja Nyata (UPT-KKN) dan perwakilan dari Fakultas Hukum Universitas Andalas (FHUA).

Para mahasiswa calon peserta KKN mendapatkan materi langsung dari Dr. Ujang Khairul, M.P sebagai Ketua UPT-KKN Universitas Andalas dan Neneng Oktarina, S.H., M.H sebagai Dosen Fakultas Hukum Universitas Andalas yang sekaligus sebagai Dosen Pembimbing Lapangan sejak periode KKN sebelumnya.

Materi yang disampaikan oleh narasumber terkait dengan teknis pelaksanaan KKN dan program kerja yang akan dirancang oleh mahasiswa saat pelaksanaan KKN nanti. “Tahun 2021 ini, pelaksanaan KKN dilaksanakan dengan sistem penyelenggaraan di kampung masing-masing”,tutur Ketua UPT KKN.

Namun berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya dalam lingkup fakultas saja, sedangkan untuk tahun ini akan digabung dari berbagai fakultas yang ada di Universitas Andalas”,

Jumlah mahasiswa yang mengikuti KKN Tahun 2021 sekitar 4926 orang dari yang telah melakukan pendaftaran KKN secara online melalui Google Form yang dibuka sejak bulan Maret lalu. Sedangkan untuk mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Andalas yang terdaftar berjumlah 438 orang untuk periode seluruh gelombang.

Gelombang KKN Tahun 2021 terdiri dari 3 periode, diantaranya Gelombang 1 periode Mei-September, Gelombang 2 periode Juli-Agustus, dan Gelombang 3 periode Agustus-Desember. Hal ini dilakukan agar calon peserta KKN dapat dengan bebas memilih jadwal KKN sesuai dengan waktu yang diinginkan.

Sesuai dengan keterangan dari Ketua UPT KKN, pelaksanaan teknis KKN dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan dan aturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah setempat. Selama pelaksanaan KKN, dosen pembimbing lapangan (DPL) akan mengkoordinir maksimal 20 orang mahasiswa yang berada dalam satu nagari atau lokasi ataupun berbeda nagari/lokasi tetapi masih dalam satu kecamatan guna membantu mahasiwa dalam menjalankan program kerjanya.

Diinformasikan juga, bahwa pada setiap aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa harus memakai jaket almamater, dan harus mengisi log book yang berisikan absen harian dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama KKN.

Di akhir kegiatan KKN, setiap mahasiswa juga diwajibkan untuk membuat laporan kegiatan yang terdiri atas laporan kegiatan harian dalam bentuk foto atau video, laporan keuangan jika seandainya menggunakan dana desa atau dana nagari setempat, serta laporan akhir.

Untuk lebih lanjutnya, informasi lengkap mengenai pelaksanaan teknis KKN dapat dilihat dan diakses pada Website KKN. “Yang terakhir, informasi mengenai pembagian mahasiswa yang akan melakukuan kegiatan KKN akan diumumkan di Website KKN UNAND pada hari Selasa tanggal 15 Juni 2021”, tutup Ujang Khairul selaku Ketua UPT KKN.

 

Reporter : Devira Sagita Putri dan Nurfitriani Yohane

0 Comments

Leave a Reply