Mahasiswa KKN Unand Dampingi Survei Dinas Pariwisata Kota Padang di Batu Busuk

Liputan dan Berita
Mahasiswa KKN Unand Dampingi Survei Dinas Pariwisata Kota Padang di Batu Busuk

Padang – Dinas Pariwisata Kota Padang yang diwakili oleh Kepala Bidang Ekonomi Kreatif (Andi Amir, SH.) dan beberapa jajaran lainnya melakukan survei ke daerah Eko Wisata dan Budaya Batu Busuk pada Selasa (03/08/2021). Kedatangan rombongan ini disambut hangat oleh pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Batu Busuk dan beberapa Mahasiswa Unand yang sedang melaksanakan kegiatan KKN di Batu Busuk.

Survei dimulai dari objek wisata Mandeh Rubiah, kemudian dilanjutkan ke Lubuak Biru dan Bendungan Patamuan. Tak lupa pula rombongan Dinas Pariwisata mencoba lezatnya durian Batu Busuk yang menggugah selera.

“Sesuai visi Pak Walikota, yaitu pengembangan pariwisata wilayah Timur, kami datang untuk mensurvei sejauh mana perkembangan pariwisata di Batu Busuk dan bagaimana fasilitas-fasilitas pendukungnya” Ujar Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Padang.

Ia menambahkan bahwa ini adalah salah satu bentuk pembinaan langsung dari dinas Pariwisata terhadap desa wisata seperti Batu Busuk dengan cara mengadakan survei langsung ke objek-objek pariwisata yang ada di daerah tersebut.

Foto: Kelompok KKN Batu Busuk berdiskusi bersama Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Padang di Patamuan, Batu Busuk.

Setelah berkeliling ke beberapa objek wisata di Batu Busuk dengan ditemani oleh mahasiswa KKN bimbingan Dr. P.K Dewi Hayati, SP. M.Si dan pokdarwis Batu Busuk, Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Padang itu menyimpulkan bahwa objek-objek pariwisata di Batu Busuk ini sangatlah berpotensi untuk dikembangkan lebih jauh lagi, namun terkendala dibidang akses infrastruktur jalan yang belum memadai, belum lengkapnya sarana fasilitas umum, dan tingkat kesadaran masyarakat yang belum tinggi terhadap potensi wisata daerahnya.

“Faktor terpenting kemajuan sebuah objek pariwisata di sebuah wilayah adalah karena kesiapan masyarakatnya untuk menjadikan daerahnya sebagai tempat wisata yang aman, bersih, dan indah. Itulah salah satu alasan dibentuknya pokdarwis” ujarnya. Hasil survei ini nantinya akan dibuatkan perencanaan kedepannya sehingga arah perencanaan pariwisata Batu Busuk menjadi jelas dan bisa dicarikan solusi dari permasalahannya.

Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Padang berterima kasih kepada para mahasiswa KKN Unand beserta Dr. P.K Dewi Hayati, SP. M.Si sebagai dosen pembimbing lapangannya yang menjadikan pengembangan pariwisata Batu Busuk sebagai program kerja utama mereka. Ia berharap para mahasiswa ini dapat mengedukasi masyarakat wilayah tersebut agar sadar akan potensi wisata yang dimiliki daerahnya.

Foto: Kelompok KKN Batu Busuk bersama pokdarwis dan perwakilan Dinas Pariwisata Kota Padang di Lubuak Biru, Batu Busuk Pada Selasa (03/08/2021).

 

 

Reporter: Nur Fadhilah Junaid

Fotografer: Firda Adzkia dan Alfir Rizki

0 Comments

Leave a Reply