Kartu Parkir Sudah Mulai Diterapkan, Kasatpam Ingatkan Jangan Lalai

Liputan dan Berita
Kartu Parkir Sudah Mulai Diterapkan, Kasatpam Ingatkan Jangan Lalai

Gemajustisia.com - Penggunaan kartu parkir Gedung Bersama Universitas Andalas telah mulai digunakan semenjak minggu lalu (8/11/20210). Seperti biasa Kartu parkir diambil di pos satpam dekat portal Gedung bersama.

Portal tersebut ada di dekat Gedung E, G dan I. Kartu parkir kembali digunakan untuk menjaga keamanan kendaraan bermotor setelah terhenti akibat perkuliahan yang dialihkan secara online karena pandemi Covid – 19.

Selain menggunakan kartu parkir, biasanya petugas keamaanan melakukan patroli untuk memeriksa keamanan serta melihat jikalau ada kunci yang ditinggalkan pemilik motor.

Selain itu, petugas keamanan juga menghimbau penggunaan kunci ganda pada kendaraan bermotor. Hal ini disebabkan banyaknya mahasiswa yang kurang sadar akan pentingnya penggunaan kunci ganda untuk keamanan.

Ketua Satuan Pengaman (Kasatpam) Universitas Andalas, Ahmad Bebasia, mengungkapkan sebelumnya saat perkuliahan offline telah berlangsung, sudah ada sebuah sepeda motor yang hilang. Namun, Bebasia dalam hal ini mengatakan bahwasanya hal ini terjadi akibat kelalaian mahasiswa.

“Kebanyakan dari mahasiswa tidak mau menggunakan kunci ganda padahal sudah banyak plang-plang yang mengingatkan pemakaian kunci ganda. Kebanyakan pencuri biasanya bergaya mahasiswa, jadi saya dan rekan-rekan tidak bisa membedakannya. Kalau bisa membedakannya otomatis akan ketahuan saat di pintu masuk.” ungkap Bebasia.

Kasatpam ini juga menjelaskan bahwa banyak mahasiswa yang terlalu terburu-buru untuk masuk kelas sehingga sering kali lupa akan keamanan kendaraan sendiri, baik itu helm, kunci ganda bahkan ada mahasiswa yang tidak sengaja meninggalkan kunci kendaraan bermotornya.

Kartu parkir yang diambil awal memasuki portal Gedung perkuliahan juga harus dijaga dengan baik. Terdapat sanksi berupa lari keliling lapangan bola bagi laki-laki dan keliling lapangan tiang bendera bagi perempuan masing-masing 2 (dua) kali.

Terlihat pada parkiran motor Gedung F, G, dan parkiran mobil di Gedung H, sudah mulai di isi oleh kendaraan. Seiring bertambah ramainya kegiatan perkuliahan dan kemahasiswaan yang dilakukan di kampus, pihak keamanan akan melakukan koordinasi lebih lanjut sebagai upaya preventif terjadinya pencurian sepeda motor.


Reporter: Della Zurfian dan Siti Zahroh

0 Comments

Leave a Reply