HIPMI PT Unand Pertemukan UMKM dan Investor Lewat Sumbar Pitch Day

Liputan dan Berita
HIPMI PT Unand Pertemukan UMKM dan Investor Lewat Sumbar Pitch Day

Gemajustisia.com - Di tengah lemahnya kondisi perekonomian masyarakat imbas Covid-19, HIPMI PT UNAND menyelenggarakan Entrepreneur Fair IV yang dibuka pada Rabu (24/11/2021) di Convention Hall Universitas Andalas.

Inovasi baru yang diberikan oleh HIPMI PT Unand di tahun 2021 adalah acara Sumbar Pitch Day dan HIPMI TALKS.

HIPMI TALKS merupakan kegiatan berupa sharing session dengan tema yang berkaitan dengan dunia bisnis yang menghadirkan pemateri seperti Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy dan Ketua Umum BPD HIPMI Sumatera Barat, Brian Putra Bastara. Tema yang diangkat pada HIPMI TALKS kali ini adalah “Start Your Future With Start Up”.

Tidak hanya HIPMI TALKS, rangkaian acara lain dari Entrepeneur Fair IV adalah Sumbar Pitch Day dengan tajuk “Get A Chance to Meet Investor”. Ketua Pelaksana Entrepeneur Fair IV Rafki menjelaskan, HIPMI PT Universitas Andalas menjadi HIPMI PT pertama yang ada di Sumatera Barat yang mengangkat acara Sumbar Pitch Day ini.

Sumbar Pitch Day merupakan sebuah event untuk memfasilitasi UMKM dan melahirkan pengusaha muda dan memberikan kesempatan kepada peserta yang bisa diikuti oleh umum dan mahasiswa di seluruh Indonesia. UMKM yang ada di Sumatera Barat nantinya dapat mempresentasikan bisnis dalam bentuk pitch deck di depan para investor.

Pitch Day merupakan sebuah dokumen visual yang dapat membantu presenter untuk menceritakan gambaran umum bisnis kepada investor. Secara garis besar, Pitch Day dibagi menjadi dua tipe, yaitu Elevator Deck dan Full Deck.

Elevator Deck dilakukan selama satu sampai dua menit yang berisikan mengenai Problem, Solution, Bussines Model & Product Vision, dan Team. Sedangkan Full Deck dilakukan selama lima sampai sepuluh menit yang berisikan mengenai Problem, Solution, Bussines Model & Product Vision, GTM Strategy, Traction, Board Member, Milestone, Financing.

Total peserta yang mengikuti Sumbar Pitch Day kali ini berjumlah 40 peserta yang mana panitia akan menyeleksi kembali menjadi 10 finalis terbaik yang akan mempresentasikan bisnis mereka di depan investor.

Pemenang pada acara ini akan mendapatkan doorprize berupa uang tunai total Rp20.000.000., sertifikat, ilmu yang bermanfaat, relasi dan mendapat kesempatan untuk masuk nominasi pada kegiatan BPC Kota Padang, yaitu HIPMI Award.

Besok, kamis (25/11/2021) akan ada rangkaian pembekalan materi kepada sepuluh finalis terbaik mengenai “How to Pitch Deck” dan “How to Present” agar para finalis memiliki ilmu baru dalam membuat Pitch Deck dan presentasi di depan para investor.

Tim Reporter Gema Justisia berkesempatan untuk mewawancarai peserta yang mengikuti acara Sumbar Pitch Day ini, yaitu Suci dari HIPMI PT PNP. Saat ditanya oleh tim reporter Gema Justisia, Suci menerangkan bahwa ia memiliki usaha di bidang kosmetik yang sudah berjalan sejak bangku SMA.

“Hal yang saya dapat dari acara Sumbar Pitch Day ini adalah mengetahui mengenai strategi membangun dan mengembangkan usaha serta menjelaskan kepada konsumen” ujar Suci dari HIPMI PT PNP.

 

Reporter: Ferdi Achmad Effindi dan Siti Zahroh

0 Comments

Leave a Reply