DPM Sahkan RUU Mahkamah Mahasiswa

Liputan dan Berita
DPM Sahkan RUU Mahkamah Mahasiswa

Gemajustisia.com - Dewan Legislatif Mahasiswa Negara Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Andalas bersama Badan Eksekutif Mahasiswa Negara Fakultas Hukum Universitas Andalas melaksanakan sidang paripurna pengesahan RUU tentang Mahkamah Mahasiswa, Rabu, (6 Oktober 2021).

Setelah melalui pembahasan panjang hingga draft terakhir RUU Mahkamah Mahasiswa yang disahkan pada Rapat Pra-Sidang Dewan Legislatif Mahasiswa pada 20 September 2021 lalu, akhirnya pada sidang paripurna kali ini RUU Mahkamah Mahasiswa layak disidangkan dan berhasil disahkan di hari yang sama. Rancangan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2021 tentang Mahkamah Mahasiswa ini dapat diakses melalui link Google Drive di Bio laman Instagram @dlm_fhua. 

Raihan Azyafi, selaku Ketua Umum Dewan Legislatif Mahasiswa FHUA, memberikan pandangan terkait adanya pengesahan Undang-Undang ini, bahwa undang-undang ini menjadi sejarah dalam Negara Mahasiswa FHUA karena untuk pertama kalinya tatanan Negara FHUA sudah lengkap, baik sebagai eksekutif, legislatif, dan yudikatif. 

Undang-undang ini juga diharapkan menjadi terobosan yang sangat penting bagi demokrasi Negara Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Andalas.  

Presiden Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Andalas, Bayu Fadli Irmawan juga memberikan pandangan dengan mengapresiasi kepada warga Negara Mahasiswa FHUA atas masukan yang telah diberikan terkait RUU Mahkamah Mahasiswa, serta DLM NM FHUA dan Kementrian Polhuk yang telah merancang secara dan membahas sehingga akhirnya Negara Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Andalas memiliki lembaga baru untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

Undang-undang ini menjadi harapan besar sebagai bagian dari proses pendewasaan Negara Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Andalas dan proses untuk belajar di Fakultas Hukum Universitas Andalas dalam mewadahi mahasiswa sebagai miniatur negara.


Reporter: Annisa Putri

0 Comments

Leave a Reply