Civitas Akademika Fakultas Hukum UNAND Adakan Rapat Senat Terbuka Sambut Dies Natalies

Liputan dan Berita
Civitas Akademika Fakultas Hukum UNAND Adakan Rapat Senat Terbuka Sambut Dies Natalies

Gemajustisia.com - Dekan Fakultas Hukum Universitas Andalas Busyra Azheri sampaikan pidatonya pada rapat senat terbuka Lustrum XIV-70 tahun Fakultas Hukum Universitas Andalas, Selasa (12/10/21). Rapat senat kali ini turut mendengarkan orasi ilmiah Menteri Kesehatan Republik Indonesia dengan tema “Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Pandemi Covid-19”.

Busyra menyatakan dalam pidatonya bahwa Fakultas Hukum selalu berbenah diri, terlebih setelah ditetapkannya Universitas Andalas sebagai PTN-BH. “Tentu kita selalu menyesuaikan diri dengan visi misi yang telah ditetapkan oleh universitas, dimana menjadi universitas terkemuka dan bermartabat, maka dari itu Fakultas Hukum kita selalu berusaha meningkatkan bagaimana mewujudkan perguruan tinggi berkualitas dan bermartabat” ucap Busyra.

Ia juga menjelaskan proses pembelajaran selama pandemi COVID-19 yang dilaksanakan dalam bentuk full daring dimana Fakultas Hukum mulai berlangganan zoom meeting untuk perkuliahan baik S1, S2, dan S3. Selain itu para dosen juga menggunakan media lain, seperti google meet, whatsapp, skype, dan lain-lain. Dekan Fakultas Hukum ini juga berharap dengan semakin melandainya pandemi COVID-19 diharapkan dalam waktu dekat pembelajaran dapat dilaksanakan secara luring atau offline (tatap muka) dengan menggunakan protokol kesehatan.

Rapat senat terbuka ini dilangsungkan di Convention Hall Universitas Andalas, dan dilakukan secara Hybrid melalui Offline dan Online di zoom serta live streaming dengan media youtube. Dimulai pada pukul 08.30 WIB, Kedatangan Menteri Kesehatan tersebut beserta jajaran disambut langsung oleh para penari, pemusik, dan para guru besar Fakultas Hukum Unand secara meriah dengan menampilkan silat dan tari adat minangkabau.

Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H selaku Rektor Universitas Andalas juga turut menghadiri dan memberikan kata sambutan pada acara ini. Yuliandri mengatakan “RS Unand menjadi Rumah Sakit Rujukan untuk menghadapi dan menangani pandemi covid-19.” Dengan harapan bahwa semoga UNAND menjadi salah satu pelopor dalam membantu meredakan pandemi covid-19 saat ini.

Dalam Penanganan pandemi Covid-19, Menteri Kesehatan selaku pemerintah mengatakan bahwa “dibutuhkan strategi yang tepat untuk mengendalikan kurva penularan wabah”. Dengan cara menghentikan laju penularan wabah ini berguna agar pasien yang terinfeksi covid-19 selalu berada dibawah kapasitas yang dimiliki oleh rumah sakit.

Terdapat juga serangkaian acara seperti penyematan pin Lustrum XIV Dies Natalis ke 70 tahun Fakultas Hukum Unand kepada Menteri Kesehatan Bufi Gunadi Sadikin yang diberikan langsung oleh Dekan Fakultas Hukum. 

Dilengkapi dengan penampilan paduan suara Justicia Accordeo Fakultas Hukum Unand yang diisi oleh para mahasiswa/I yang menyanyikan mars Universitas Andalas, mars Fakultas Hukum, dan beberapa lagu lainnya membuat acara Dies Natalis ke 70 Fakultas Hukum semakin lebih hikmat dan meriah.

Tak luput juga, terdapat sebuah penampilan tari piring yang ikut serta melengkapi Dies Natalis ke 70 tahun Fakultas Hukum Unand sekarang. Ditampilkan oleh penari-penari dan pemusik terbaik oleh Studio Merah Fakultas Hukum dengan mahasiswa/I berbakat didalamnya.

 

Reporter: Ikhsan Maulana Putra

0 Comments

Leave a Reply