BAKTI 2021 Diikuti Dengan Peserta Terbanyak Sepanjang Sejarah, Fakultas Hukum Menjadi Yang Terfavorit di UNAND

Liputan dan Berita
BAKTI 2021 Diikuti Dengan Peserta Terbanyak Sepanjang Sejarah, Fakultas Hukum Menjadi Yang Terfavorit di UNAND

Gemajustisia.com - Kegiatan penyambutan mahasiswa baru Fakultas Hukum Universitas Andalas atau Bakti Fakultas Hukum Universitas Andalas kembali digelar pada tanggal 26 dan 27 Agustus 2021. Meskipun Bakti Universitas sudah dilaksanakan secara hybrid, namun untuk bakti Fakultas hanya dilakukan secara daring via zoom meeting, sama dengan Bakti Fakultas tahun sebelumnya.

Hari pertama Bakti dibuka dengan pemutaran video profil dan pengenalan unsur pimpinan Fakultas. Sambutan Dekan Fakultas Hukum Prof. Busyra Azeri menandai dibukanya Bakti kali ini.

“Tahun ini, Fakultas Hukum mencapai jumlah mahasiswa baru terbanyak dalam sejarah dengan total 601 mahasiswa dengan 159 orang mahasiswa yang berasal dari luar Sumbar. Ini artinya makin tingginya tingkat kepercayaan masyarakat untuk berkuliah di Univesitas Andalas”, ujar Busyra dalam kata sambutannya.

Ia juga menambahkan bahwa Fakultas Hukum juga telah menjadi prodi favorit bagi calon mahasiswa baru. Hal ini buktikan dengan prodi Ilmu Hukum menjadi prodi dengan peminat terbanyak nomor 1 di universitas Andalas sejak tahun 2019.

Pembukaan dilanjutkan dengan sesi pengenalan proses pembelajaran secara daring, tata tertib kehidupan kampus, hingga pengenalan program Silayak dan Program MBKM oleh Wakil Dekan I, Dr. Ferdi, SH., MH. Pada sesi ini dijelaskan seluk beluk perkuliahan mulai dari pengenalan akademisi fakultas hukum, media yang digunakan saat perkuliahan daring seperti ilearn dan portal unand, tata cara pengisian KRS, serta program Kampus Merdeka dan tata tertib berpakaian selama mengikuti perkuliahan.

Wadek I menekankan bahwa tata tertib perkuliahan ini tidak hanya berlaku pada saat perkuliahan luring saja, namun juga berlaku dalam perkuliahan daring. “Dalam berkuliah yang diperlukan bukan hanya otak, tapi attitude terhadap dosen juga perlu. Cara berpakaian serta kerapian selama berkuliah baik secara daring nanti tolong diperhatikan dan diikuti tata tertib yang ada.” terangnya.

Ferdi juga menjelaskan “Kegiatan perkulaiahan sekarang sudah jauh lebih mudah, mahasiswa bisa menyelesaikan perkuliahan 1 semester atau 20 sks tidak harus dengan mengikuti perkuliahan di kampus, namun bisa dengan ikut terlibat dalam pemberdayaan desa, mengajar di sekolah, membangun start-up, ikut pertukaran pelajar baik antar kota provinsi, maupun antar negara dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)”

Selanjutnya adalah pengenalan fasilitas kampus oleh Wakil Dekan II, Dr. Rembrandt, SH., M.Pd. Rembrandt menjelaskan tentang gedung perkuliahanan yang ada di Fakultas Hukum, pembangunan Laboratorium Ilmu Hukum, perpustakaan, pembangunan gedung serba guna dan pengembangan kampus Fakultas Hukum Limau Manis, hingga rencana penambahan tenaga pendidikan.

“Tenaga kependidikan yang PNS ada 24 orang, sedangkan non PNS 25 orang. Artinya tenaga kependidikan kita semua berjumlah 49 orang. Kedepannya direncanakan adanya penambahan tenaga kependidikan yang menguasai IT”, ucap Rembrandt.

Dengan adanya pembangunan laboratorium serta pengembangan Fakultas Hukum ini diharapkan akan membantu mahasiswa dalam kegiatan praktek dan memudahkan mahasiswa untuk meningkatkan kualitas karir setelah lulus dari universitas andalas kedepannya.

Kemudian penjelasan mengenai program beasiswa dan kegiatan kemahasiswaan fakultas oleh Wakil Dekan III, Lerri Patra SH., MH. Pada sesi ini dijelaskan mengenai berbagai beasiswa yang dapat diperoleh oleh mahasiswa baik dari pemerintahan, maupun non pemerintah.

Mulai dari beasiswa Bidik Misi yang telah berganti nama sejak tahun 2020 menjadi KIP-Kuliah, beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), beasiswa afirmasi Papua, beasiswa Tanoto Foundation, beasiswa etos, beasiswa PT Djarum, beasiswa yayasan BFI Finance, hingga program beasiswa yang berasal dari berbagai Bank yang ada di Indonesia.Tak hanya itu, Wadek III juga turut menjelaskan mengenai hak, kewajiban, hingga larangan bagi mahasiswa fakultas hukum.

Terakhir adalah sesi pengenalan Bagian Fakultas Hukum yang dijelaskan oleh para ketua bagian dan/atau sekretaris bagian. Didalamnya termasuk bagian: Perdata, Pidana, HI, HTN, dan HAN. Pada sesi ini dijelaskan mengenai bagian-bagian PK serta mata kuliah yang nantinya dapat diambil oleh mahasiswa sesuai dengan minat mereka masing-masing demi memudahkan penulisan skripsi pada akhir studi di fakultas hukum Universitas Andalas.

Pada bakti fakultas tahun ini, Mahasiswa baru tidak hanya mendengarkan dan menerima penjelasan materi, namun mereka juga turut aktif dalam kegiatan. Seperti ikut menyumbangkan bakat yang mereka miliki. Mulai dari penampilan bakat story telling, menyanyi, bershalawat, hingga pembacaan puisi.

 

Reporter: Desri Rahayu dan Putri Wulan

0 Comments

Leave a Reply