Bahas Dana Jaminan Reklamasi Pasca Tambang, Tim Oemar Seno Adji Raih Juara Nasional

Liputan dan Berita
Bahas Dana Jaminan Reklamasi Pasca Tambang, Tim Oemar Seno Adji Raih Juara Nasional

Gemajustisia.com - Kombad Justitia melalui Revi Putri Asriani, Pujha Ravhena, dan Afdhal Fadhila, kembali meraih prestasi membanggakan. Ketiga orang yang tergabung dalam tim Oemar Seno Adji ini berhasil menjadi juara III pada ajang Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional, “The 8th Social Science in National Law Competition”. Kompetisi ini sendiri dilaksanakan oleh Lembaga Kajian Keilmuan Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

The 8th Sciencesational Tahun 2021 ini mengangkat tema “Menuju Masa Depan Industri Pertambangan di Indonesia”. Indonesia memiliki potensi besar dalam industri pertambangan. Industri ini menjadi salah satu yang menghasilkan pendapatan besar bagi negara.

Namun, dalam pemanfaatan potensi pertambangan ini seringkali terjadi tindakan-tindakan yang tidak memperhatikan kondisi lingkungan maupun masyarakat. Oleh karena itu, kompetisi ini diadakan untuk menghadirkan kajian-kajian yang diharapkan dapat memberikan alternatif penyelesaian masalah dalam dunia pertambangan.

Rangkaian Acara The 8th Sciencesational 2021 ini mulai dilaksanakan pada 2 Agustus 2021 hingga 21 November 2021 yang dilaksanakan secara online. Tim Oemar Seno Adji telah mempersiapkan pengerjaan Karya Tulis Ilmiah ini sejak akhir Agustus hingga pengumpulan pada 30 Oktober 2021 baik dalam bentuk soft copy maupun hard copy yang dikirimkan langsung ke kampus UI di Depok.

Mereka mempersiapkan diri dan karya melalui bimbingan pembina mereka, Syofiarti, yang dilakukan via zoom secara online.

Dari dua puluh satu tim yang bertanding, tim Oemar Seno Adji berhasil masuk ke babak final dengan judul KTI “Kebijakan Dana Jaminan Reklamasi dan Pasca Tambang setelah Revisi Undang-Undang Minerba.

Afdhal (salah seorang anggota tim) bercerita, ketika mengetahui Tim Oemar Seno Adji lanjut ke babak final dan berkesempatan untuk presentasi di depan juri, ada perasaan shock yang Ia rasakan. Ia tidak berekspektasi sampai masuk babak final.

“Awalnya shock juga sih, karena KTI udah sejak bulan September lalu dan tidak ada expect akan lulus untuk presentasi, makanya ikut juga debat waktu itu akhir Oktober pendaftarannya, ternyata bentrok antara debat sama KTI. Bahkan, Technical Meetingnya di waktu yang sama pada tanggal 13 November kemarin. Karena debat jadwalnya lebih dahulu, maka saya sendiri fokus ke debat dahulu dan juga bantu-bantu menyiapkan untuk presentasi KTI”, jawab Afdhal.

Pujha anggota tim Oemar Seno Adji lainnya juga mengungkapkan rasa terkejut. Terlebih Ia mengaku ini merupakan lomba pertama yang Ia ikuti. “Ga nyangka banget sih, soalnya kan yang ikut juga rame, ada 21 tim. Kami 1 tim angkatan 2020 semua dan merupakan lomba pertama yang diikuti oleh tim Oemar Seno Adji ini”, ujar Pujha.

Dalam hal ini, Afdhal percaya bahwa seluruh mahasiswa fakultas hukum Universitas Andalas dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam mengikuti perlombaan. “Menang atau pun kalah akan memberikan pengalaman dan pengetahuan yang kedepannya akan berguna suatu saat nanti”.

Afdhal juga berharap kepada pimpinan fakultas hukum untuk dapat terus memberikan dukungan dan apresiasi kepada mahasiswa yang mengikuti perlombaan serta memberikan kemudahan dalam hal birokrasi saat pengurusan lomba.

Terpilihnya tim Oemar Seno Adji menjadi juara ketiga dalam ajang Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional ini, memantik rasa bangga dari warga fakultas hukum Universitas Andalas dan membawa harum nama fakultas hukum Universitas Andalas di kancah Nasional.

 

Repoter: Ferdi Achmad Effindri

0 Comments

Leave a Reply